Sejarah

Tentang Konfederasi Serikat Nusantara (KSN)


Visi

Membangun Persatuan Rakyat Pekerja Nusantara yang Progresif  Solid Berdaulat.


Misi

  1. Membangun persatuan gerakan rakyat pekerja nusantara dan penguatan Federasi Anggota diberbagai sektor pekerjaan dimanapun berada.
  2. Memperjuangakan kepentingan rakyat pekerja secara efektif, dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang mampu menghadapi berbagai gempuran disegala lini.
  3. Melindungi Federasi Anggota dari ancaman dan serangan dari berbagai pihak.
  4. Mengembangkan lembaga ekonomi kolektif organisasi yang mampu bersaing di era digitalisasi dan berdiri diatas kaki sendiri (berdikari).
  5. Membangun solidaritas nasional maupun internasional.

Sejarah singkat

Konfederasi Serikat Nusantara (KSN), merupakan bagian dari sejarah panjang gerakan Buruh Indonesia. Kongres pertama dilaksanakan pada tanggal  22-23 Maret  2016 di Karawang-Jawa Barat.

Federasi-Federasi  serikat buruh yang tergabung dan menjadi pelopor dalam Kongres pertama KSN, menjadi poros konsolidasi rakyat pekerja nusantara. Komitmen membangun kesadaran politik bagi seluruh anggota dan berproses untuk penguatan gerakan rakyat pekerja nusantara yang progresif solid dan berdaulat.

KSN  berkeyakinan bahwa persatuan rakyat pekerja nusantara merupakan jalan yang tepat untuk membangun kekuatan bersama dalam menghadapi berbagai serangan  di era digitalisasi  yang kian menguat. Membangun persatuan rakyat pekerja, KSN berlandaskan pada kesamaan cita-cita dengan mengajak seluruh gerakan rakyat pekerja nusantara.


Federasi Anggota KSN

KSN dipelopori dan diklarasikan  5 Federasi  yakni :

  1. FSPBI
    Federasi Serikat Perjuangan Buruh Indonesia (FSPBI) merupakan Federasi multi Sektor dengan keanggotaan FSPBI tersebar di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sualwesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat.
  2. FSPK
    Federasi Serikat Pekerja Kerakyatan (FSPK) merupakan Federasi multi sektor. Dengan sebaran keanggotaan FSPK tersebar Jawa Barat.
  3. FSPI
    Federasi Serikat Pekerja Independen (FSPI) merupakan federasi multi sektor dengan sebaran keanggotaannya meliputi Jawa Tengah.
  4. FESBUK
    Federasi Serikat Buruh Keadilan (FESBUK) merupakan federasi multi sektor dengan sebaran keanggotaannya meliputi Jawa Timur.
  5. FSBM
    Federasi Serikat Buruh Madani (FSBM) merupakan federasi multi sektor dengan sebaran keanggotaannya meliputi Jawa Timur.