May Day, Massa Buruh di Makassar Gelar Konvoi

Mohammad Bakrie – detikNews
May Day, Massa Buruh di Makassar Gelar Konvoi
Aksi buruh di Makassar (Bakrie/detikcom) 
Jakarta – Massa buruh dari berbagai organisasi juga menggelar aksi di Makassar, Sulawesi Selatan. Aksi ini diwarnai konvoi.

Pantauan detikcom, massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Nusantara (KSN) ini awalnya berkumpul di sekretariat mereka di Jalan Haji Sulaimana, Tamalanrea, Makassar, Selasa (1/5/2018). Mereka lalu berkonvoi menggunakan sepeda motor dan truk menuju Kawasan Industri Makassar (Kima).

Setelah menggelar orasi secara bergantian, massa kemudian kembali melanjutkan konvoi menuju flyover Jalan Pettarani melewati Simpang Lima Bandara dan berputar masuk ke jalan tol.

Dalam orasinya, massa mengusung berbagai isu ketenagakerjaan. Mereka meminta semua produk Undang-Undang Ketenagakerjaan, seperti UU 13 Tahun 2009, UU No 2 tentang Perselisihan Hubungan Industri, dan UU 21 tentang Serikat Pekerja, dicabut karena dinilai tidak pro terhadap kepentingan buruh.

“Isu ini hampir setiap tahun kami gulirkan. Menurut kami, persoalan ketenagakerjaan di Indonesia tidak pernah tuntas karena regulasi yang tidak berpihak pada kami. Makanya kami sebut, Indonesia dalam darurat ketenagakerjaan,” kata Presiden KSN Mukhtar Guntur.

May Day, Massa Buruh di Makassar Gelar Konvoi
Aksi buruh di Makassar. (Bakrie/detikcom)

Lebih lanjut, Mukhtar menilai dampak ketidakberpihakan regulasi atas pekerja telah melahirkan liberalisasi tenaga kerja, termasuk serbuan tenaga kerja asing (TKA) ke Indonesia. Menurut mereka, serbuan TKA hanya satu dampak dari ketidakberpihakan regulasi atas pekerja lokal.

“Isu TKA ini hanya sebagian kecil dari dampak liberalisasi industri yang tidak berpihak pada kepentingan pekerja. Kami ingin agar semua regulasi ketenagakerjaan ini diganti dengan aturan yang berpihak pada buruh,” lanjutnya.

Hingga saat ini, massa masih menggelar orasi di flyover Jalan Pettarani, Makassar. Tiga ribu personel dari kepolisian sejak pagi dipersiapkan untuk mengawal aksi buruh ini.
(idh/idh)

About Konfederasi Serikat Nusantara 23 Articles
Sarana Informasi Perburuhan yang Progresif, Solid, Berdaulat diterbitkan oleh Pimpinan Nasional Konfederasi Serikat Nusantara

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*